search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kasus Tinggi, Pangdam Udayana Berharap PPKM Diperpanjang
Senin, 23 Agustus 2021, 19:25 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pangdam Udayana Berharap PPKM Diperpanjang.

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Panglima Kodam IX Udayana Mayjend TNI Maruli Simanjutak mengakui bahwa kurun 10 hari terakhir terdapat 12.000-an orang terkonfirmasi Covid-19 di Bali. 

Dari jumlah tersebut 4.000-an orang sudah menjalani isolasi terpusat (isoter) dan 2.000-an menjalani perawatan di rumah sakit, selebihnya isolasi mandiri (isoman). 

Menyikapi masih tingginya penyebaran Covid-19 di Bali, pihak Kodam IX Udayana bersama stakeholder lainnya gencar melaksanakan tracing dan isoter ke masyarakat. Langkah ini dinilai sangat efektif, dimana penyebaran wabah covid-19 di Bali saat ini sudah melandai. 

Penjelasan itu disampaikan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak di sela-sela pendistribusian bantuan sosial (bansos) berupa sembako beras dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) yang berlangsung di Makodam, pada Senin 23 Agustus 2021. 

Pangdam Maruli menjelaskan, pemindahan pasien yang sedang menjalani isoman dalam sehari bisa mencapai 400 hingga 500 orang pasien. 

Dengan adanya percepatan pemindahan ini diharapkan kasus terkonfirmasi positif menurun setiap harinya. Selain itu masyarakat juga diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. 

"Jadi, hingga Minggu kemarin kurang lebih sudah ada 4.000 orang diisoter. Selama 10 hari belakangan kami melakukan tracing dan Isoter yang maksimal," tegasnya. 

Ditegaskannya, sebelum adanya pengetatan, pasien isoter hanya ada 600-an orang. Namun, setelah dievaluasi akhirnya disepakati melakukan pemindahan pasien isoman ke isoter setiap harinya. Diharapkan dalam waktu dekat pasien isoman semuanya segera dipindahkan ke isoter. 

Melihat kondisi sekarang ini Mayjend Maruli berharap penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terus berlanjut. Mengingat kasus terkonfirmasi positif masih terus terjadi setiap hari, begitu pula di negara lain masih tinggi. 

"Di Amerika sehari bisa puluhan ribu yang terkonfirmasi. Sampai saat ini belum ada solusi, yang tepat saat ini adalah PPKM. Ini untuk menghindari mobilitas masyarakat yang tinggi," bebernya. 

Pangdam Maruli mengakui pihaknya mendapat kepercayaan dalam penyaluran bantuan sosial berupa sembako baik dari pemerintah dan para pengusaha. Seperti halnya bantuan sembako berupa 50 ton beras dari INTI yang diserahkan langsung ke makodam, Senin 23 Agutus 2021. 

Bansos beras ini sejatinya akan dibagikan ke jajaran Kodim dan disalurkan ke Babinsa di wilayah masing-masing. Diharapkanya dengan bansos ini bisa meringankan beban masyarakat akibat dampak pandemi, apalagi yang kehilangan pekerjaan. 

"Kami dipercaya karena kami ada babinsa babinsa yang tau persis keadaan masyarakat. Saat ini yang penting bahan pangan ini dikirim tepat sasaran. Kalau beras ini di masyarakat bawah ada, tapi saya yakin orang-orang Indonesia tidak akan pernah membiarkan tetangganya sampai kelaparan," ujarnya

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami