search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pramusti Bali Garap Seni Virtual Angkat Kisah Diorama MPRB
Rabu, 27 Oktober 2021, 12:05 WITA Follow
image

beritadenpasar.com

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Pramusti Bali sebagai organisasi keartisan penyanyi dan musisi serta insan seni di Bali sedang menggarap seni kreatif inovatif dalam bentuk film pendek secara virtual terkait semangat puputan rakyat Bali.

Bahkan, mereka sudah terlihat sibuk melakukan proses syuting pengambilan gambar di sejumlah tempat yang menjadi latar belakang dari film pendek tersebut di sekitar Denpasar, Selasa (26/10).

Para artis penyanyi, dan musisi, serta insan seni di Bali ini terlihat sangat antusias mengikuti proses syuting tersebut.  Garapan seni budaya ini mengangkat kisah diorama di Monumen Perjuangan Rakyat Bali (MPRB) di Jalan Raya Puputan Niti Mandala, Denpasar.

Monumen yang juga dikenal dengan nama Museum Bajra Sandhi ini berisikan sekitar 33 diorama tentang sejarah kehidupan masyarakat Bali. Dimulai dari Masa Prasejarah, Masa Bali Kuno, Masa Pergolakan Fisik hingga masa-masa mempertahankan perjuangan kemerdekaan di Pulau Dewata, Bali.

Ketua Pramusti Bali, IGN 'Rahman' Murthana mengakui bahwa garapan seni virtual ini sebagai bentuk apresiasi aktif Pramusti Bali dalam mengaktualisasikan kreativitas kreatif inovatif seniman khusunya penyanyi, musisi dan insan seni Bali dalam menjaga, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan bangsa berbasis kearifan lokal Bali. 

Tentunya, dalam hal ini sangat terkait erat dengan kegiatan seni budaya dari program pemerintahan. Sebagai upaya strategis dalam penyebarluasan informasi tentang beragam diorama sejarah perjuangan rakyat Bali yang tersimpan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali (MPRB). 

Menurutnya, kisah diorama ini akan disajikan dalam durasi waktu sekitar 45 menit, dan dikemas berbeda dengan diselingi dagelan kocak sarat pesan edukatif kekinian di masa pandemi virus global Covid-19.  

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami