search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Keterwakilan Perempuan di Politik Belum Penuhi Kuota 30 Persen
Kamis, 30 Juni 2022, 20:15 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM I Gede John Darmawan mengatakan persentase jumlah pemilih perempuan lebih tinggi.

Tetapi, menurutnya tingkat keterwakilan perempuan dalam kancah politik belum memenuhi persentase 30 persen.

“Logikanya lebih banyak pemilih perempuan, maka seharusnya lebih banyak keterpilihannya,” ungkapnya pada Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Perempuan Dalam Rangka Pemilu Serentak Tahun 2024, Kamis (30/6/2022).

Acara pendidikan pemilih perempuan yang dibuka oleh Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Teknis Penyelenggaraan Luh Putu Sri Widyastini didampingi Sekretaris KPU Provinsi Bali I Made Oka Purnama tersebut,

mengundang Perwakilan Perempuan dari Anggota DPRD Provinsi Bali, Bali Sruti, Kaukus Perempuan Parlemen dan Politik, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat Provinsi Bali dan Perwakilan Perempuan dari Partai Politik. 

Perwakilan perempuan yang hadir pada kesempatan tersebut, mendapat pembekalan materi dari para narasumber yakni mengenai Kajian Akademis Eksistensi Perempuan dalam Dunia Politik oleh Akademisi Undiknas University Dr. Ni Wayan Widhiasthini., S.Sos. M.SI.

Partisipasi Politik Perempuan dalam Pemilu Serentak Tahun 2024 oleh Akademisi Dr. I Gusti Ayu Diah Yuniti, M.SI., dan pemaparan materi mengenai Infografis Pemilu serta Alur dan Jadwal Tahapan Pemilu Tahun 2024 oleh Anggota KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan. 

Berbagai isu-isu dan hambatan-hambatan yang dihadapi perempuan untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam kancah dunia politik dibahas dalam sesi diskusi. 

Salah satunya juga membahas mengenai kesetaraan gender di tengah budaya patriaki dan dorongan untuk mendukung sesama perempuan. 

Harapannya dengan adanya sosialisasi ini, perwakilan perempuan yang hadir dapat menjadi pioner perempuan untuk mendorong peran aktif sesama perempuan dalam Pemilu Tahun 2024 kedepan. 

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami