Iklim Usaha di Bali Disebut Meningkat Tiap Tahun - Beritadenpasar.com

Ekbis

Iklim Usaha di Bali Disebut Meningkat Tiap Tahun

Jumat, 03 September 2021 | 18:45 WITA
Iklim Usaha di Bali Disebut Meningkat Tiap Tahun

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritadenpasar.com, Denpasar Selatan.
Berdasarkan data perkembangan iklim usaha di Provinsi Bali, setiap tahun mengalami peningkatan sebanyak 86.256 pelaku usaha.
Seperti tahun 2020 di sektor perdagangan mencapai 52,15%, sektor industri pertanian 43,80%, Sektor industri Non pertanian 16,60% sedangkan sektor aneka jasa sebesar 8,39%, 
Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, I Wayan Mardiana, Jumat (3/9) dalam Webinar di Denpasar.
"Jika jumlah penduduk Bali sebanyak 4,3 juta jiwa maka, pertumbuhan sektor usaha tahun 2019 sampai 2020 sebesar 20% dengan tingkat rasio kewirausahaan 9,74%," jelasnya.
Dikatakan jika dilihat di tengah Pandemi yang terus berkepanjangan tentu memberi dampak secara langsung ke para pelaku usaha UMKM di Bali dalam menjalankan usaha.
"Memang ada dampaknya mulai dari anjloknya aktivitas perdagangan berupa penurunan penjualan, kesulitan dalam mendistribusikan hasil produksi, kesulitan dalam memperoleh bahan baku dan kesulitan dalam mengakses permodalan," ucapnya.
Ia menambahkan proses pemulihan UMKM ini tergantung pada masing-masing kodisi keuangan dan strategi bisnis dari para pelaku usaha. Dalam kondisi ekonomi saat ini akibat Covid-19, lanjutnya, tentu memaksa para pelaku UMKM mengalihkan sekema penjualan dari konvensiaonal ke ranah digital.

Penulis : bbn/Ayu

Editor : SEO


TAGS : Berita Denpasar Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Denpasar Berita Denpasar Terkini Berita Denpasar Hari Ini Info Denpasar Beritadenpasar Informasi Denpasar Provinsi Bali Industri Pertanian Kepala Dinas UMKM Covid-19


Beritadenpasar.com - Media Online Denpasar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Denpasar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya