Jumlah Pelaku UMKM Menurun Drastis Akibat Pandemi - Beritadenpasar.com

Ekbis

Jumlah Pelaku UMKM Menurun Drastis Akibat Pandemi

Jumat, 03 September 2021 | 19:05 WITA
Jumlah Pelaku UMKM Menurun Drastis Akibat Pandemi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritadenpasar.com, Denpasar Selatan.
Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan UMKM DPP Nawacita Pariwisata Indonesia, Jro Puspawati Saskara menyoroti jumlah UMKM yang semakin menurun akibat pandemi covid-19.
Berdasarkan data, tercatat jumlah UMKM semakin menurun pada 2020 karena adanya Pandemi seperti UMKM pada 2017 tercatat berjumlah 60,4 juta dan terus meningkat menjadi 62,6 juta pada 2018 dan 64,7 juta pada 2019. Namun, jumlah UMKM pada 2020 sangat menurun sangat drastis menjadi 34 juta unit.
"Jika dilihat ada dua pemicu terjadinya perubahan tersebut mulai dari, kemajuan teknologi dan informasi arus perubahan yang disebabkan karena tekanan kemajuan inovasi khususnya di bidang teknologi informasi yang sangat masif sehingga berhasil mengubah tatanan dan model bisnis di berbagai sektor. Misal, perdagangan, transportasi, pendidikan, sistem pembayaran dan lain-lainya," jelasnya dalam sebuah Webinar,Jumat (3/9) di Denpasar.
Kemudian pemicu selanjutnya, kata dia, Pandemi Covid-19, arus perubahan disebabkan oleh adanya Virus Covid-19 yang hampir mengubah seluruh aspek tatanan kehidupan masyarakat dunia baik di bidang sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, budaya dan lain-lainya.

Penulis : bbn/Ayu

Editor : SEO


TAGS : Berita Denpasar Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Denpasar Berita Denpasar Terkini Berita Denpasar Hari Ini Info Denpasar Beritadenpasar Informasi Denpasar UMKM Pandemi Kemajuan Teknologi Covid-19


Beritabadung.id - Media Online Badung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Badung, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya