Petugas Diduga Halangi Jurnalis Saat Deportasi Louis Mack - Beritadenpasar.com

News

IJTI Surati Menkumham dan Temui Kakanwil Kemenkumham Bali

Petugas Diduga Halangi Jurnalis Saat Deportasi Louis Mack

Rabu, 03 November 2021 | 19:55 WITA
Petugas Diduga Halangi Jurnalis Saat Deportasi Louis Mack

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritadenpasar.com, Denpasar.
Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Bali menyurati Menkumham, Yasona Laoly dan menemui Kakanwil Kemenkumham Bali, Rabu (03/11/2021) petang. 
Pertemuan diwakili Ketua IJTI Bali, Agung Kayika, Bidang Hukum dan Advokasi, Ambros Boli Berani dan Bidang Humas, Sultan Anshori. 
Ketua IJTI Bali, Agung Kayika menyampaikan tujuan kedatangan pengurus untuk menyampaikan perlakuan petugas Imigrasi dan Humas Kanwil saat mendeportasi warga negara amerika, Heather Louis Mack. 
Menurut Agung, penutupan pintu gerbang Kantor Rudenim Jimbaran merupakan upaya menghalangi jurnalis untuk memperoleh dan mengakses informasi.
"Kami pengurus IJTI Bali setelah menampung aspirasi dan keluhan anggota, kemudian kami memutuskan untuk mengambil sikap. Sehingga hal ini tidak terulang kembali. Karena tugas kami mengumpulkan informasi dan menyampaikan ke publik. Selain itu fungsi kontrol media juga terhadap kinerja pemerintah," ungkap Agung.
Agung juga menyoroti fungsi Humas Kanwil dan perlakuan petugas di lapangan terhadap jurnalis. 
"Anggota kami mengeluh, ketika ditanya ke humas soal jadwal deportasi dan si Heather ini keluar dari rudenim malah dijawab bercanda oleh humas di group Jurnalis Kanwil Kemenkumham Bali. Nah anggota kami bertanya, karena mau meliput proses deportasi itu. Selain itu wartawan lain juga bertanya, itu untuk kepentingan pemberitaan," tuturnya.
Hal senada disampaikan Ketua Bidang Advokasi IJTI, Ambros Boli Berani. Menurutnya, upaya penghalangan kerja jurnalis melanggar pasal 18 ayat 1 UU Pers Nomor 40 tahun 1999. 
"Menurut pandangan IJTI Bali, hal ini menghalangi kerja jurnalis yang dilindungi Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Sesuai yang tertuang dalam Pasal 18 ayat (1) UU Pers yang menyatakan, “Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3).
Ambros menuturkan, informasi yang dihimpun dari anggota, ada dugaan pengistimewaan terhadap Heather. 
Halaman :

TAGS : Kakanwil Bali IJTI Bali Melawan Hukum Menkumham Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Berita Denpasar Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Denpasar Berita Denpasar Terkini Berita Denpasar Hari Ini Info Denpasar Beritadenpasar Informasi Denpasar


Beritadenpasar.com - Media Online Denpasar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Denpasar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya