search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kenang Didon Kajeng melalui "Mewarna Gelap"
Rabu, 10 Agustus 2022, 10:22 WITA Follow
image

Beritabali.com/ist/Kenang Didon Kajeng melalui

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Dalam Rangka mengenang setahun berpulangnya Didon Kajeng, Yayasan Telaga Teratai Indonesia yang diketuai oleh I Made Jerry Juliawan, akan mengadakan acara pameran lukisan dan rangkaian kegiatan lainnya yang bertajuk “Mewarna Gelap”. 

Pembukaan acara akan diadakan pada tanggal 10 Agustus 2022, pukul 19.00 WITA dan pameran akan berlangsung hingga 27 Agustus 2022, di Dalam Rumah Art Station, Jalan Gatot Subroto IV No. 5, Denpasar – Bali (utara RS Puri Bunda). 

Didon Kajeng merupakan founder Yayasan Telaga Teratai Indonesia yang semasa hidupnya senantiasa menyuarakan bahwa seorang penyandang disabilitas netra tetap mampu berprestasi dan mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki. 

Didon aktif dalam kegiatan teater, menulis, melukis dan merupakan seorang floral designer yang mengutamakan penggunaan bunga dan buah lokal. Didon telah menerbitkan buku yang berisikan rangkaian bunga karyanya yang berjudul “Bali Bloom”.

 

Adapun Yayasan Telaga Teratai Indonesia merupakan yayasan tempat berkreasi rekan-rekan yang mengalami disabilitas netra. Kegiatan yang mereka laksanakan  di komunitas tersebut diantaranya merangkai bunga, berteater dan melukis, dengan dibimbing oleh praktisi di masing-masing bidang tersebut.

 

 
Acara “Mewarna Gelap” ini diadakan mengenang setahun berpulangnya Didon Kajeng juga untuk memperkenalkan karya lukis rekan-rekan komunitas pada kalangan masyarakat umum, menjadi ajang berkumpul antar teman-teman disabilitas bersama masyarakat non-disabilitas, serta sebagai wadah mengapresiasi hasil karya yang dipamerkan. Sehingga bersama-sama bisa merayakan gelap dengan penuh warna. 

Terdapat beberapa rangkaian acara yang akan berlangsung. Pertama  yaitu Pameran Lukisan,  dari tanggal 10 sampai dengan 27 Agustus 2022. Memamerkan lukisan karya Didon Kajeng dan dua anggota Yayasan Telaga Teratai Indonesia yaitu I Wayan Mudrayana (Mudra) dan I Putu Yogantara (Yoga). 

 

Mudra dan Yoga sama-sama mengalami kebutaan sejak usia remaja. Karya lukis Mudra cenderung pada bentuk-bentuk seperti barong ataupun rangda, yang sangat terkait dengan kemampuan memahat yang pernah dilakoni. Sedangkan Yoga cenderung melukis wajah-wajah dalam berbagai ekspresi. 

Adapun Didon, mengusung karya yang terkait erat dengan profesinya sebagai floral designer pada masa-sama akhir sebelum berpulang, yaitu bunga dan buah. 

Acara kedua yaitu Papier Mache Workshop, kegiatan untuk membuat berbagai bentuk karya seni dengan menggunakan bahan dasar bubur kertas, untuk selanjutnya akan diwarnai atau dilukis bersama. Acara akan diadakan pada tanggal 20 Agustus 2022 dan terbuka untuk umum dan akan dipandu oleh Adi Kurniawan dan Diarya Raditya, alumni ISI Denpasar dan saat ini masing-masing aktif berkarya di bidang seni desain serta seni patung. 

Rangkaian kegiatan tersebut akan dimeriahkan dengan music performance oleh band Nirkala pada tanggal 20 Agustus 2022, dan Band Arusaji serta Dj-MyHand pada saat penutupan yaitu tanggal 27 Agustus 2022.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami