search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kepaon, Kampung Muslim Berpenduduk Bali Asli di Denpasar
Kamis, 14 April 2022, 13:40 WITA Follow
image

Beritadenpasar.com

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Kampung Islam Kepaon di Desa Pemogan, Denpasar Selatan, Bali menjadi salah satu kampung muslim yang ada di Kota Denpasar.

Selain Kampung Islam Kepaon, ada beberapa kampung muslim lainnya. Di antaranya Kampung Bugis di Pulau Serangan, Denpasar Selatan, dan Kampung Jawa di Jalan Ahmad Yani, Denpasar Barat.

Istimewanya, kampung Islam Kepaon dihuni warga Bali yang akar sejarahnya dari Puri Pemecutan Denpasar.

Warga di kampung Muslim Kepaon adalah warga Bali wit/wed atau Bali asli. Seperti krama atau warga Bali lainnya, bahasa sehari-hari di kampung ini mengggunakan bahasa Bali.

Meski berbahasa Bali, namun warga di yang tinggal di kampung Islam Kepaon tidak memakai nama Bali seperti Putu, Wayan, Ketut seperti kampung Islam yang ada di Pegayaman Singaraja.

Sedangkan terkait asal usul, kampung Islam Kepaon merupakan lokasi kedua, diamana warga Kampung Islam Kepaon sebelumnya bertempat tinggal di Badung.

Jro Mangku Made Puger, juru kunci Makam Keramat Agung Siti Kotidjah mengatakan, keberadaan atau asal usul Kampung Islam Kepaon masih memiliki kaitan dengan Puri Pemecutan.

Dulunya, kaya Jro Mangku Made Puger, sebanyak 40 pengawal dan pengiring Raden Ayu Siti Khotijah dari Bangkalan, Madura diberikan tempat tinggal di dua wilayah di Denpasar. Dua wilayah itu kini dikenal sebagai Kampung Islam Kepaon dan Kampung Jawa di Jalan Ahmad Yani, Denpasar.

Lanjutnya, meski jadi penduduk minoritas di Bali, di dua kampungdi Denpasar ini selain disegani, juga dikenal sebagai kampung yang menjunjung toleransi tinggi dengan hidup berdampingan satu sama lain kendati berbeda keyakinan. (Sumber: Detik.com)

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami