search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jokowi Dipastikan Tak Hadiri Pembukaan PKB 2022
Jumat, 10 Juni 2022, 23:10 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Prof. Dr. I Gede Arya Sugiarta memastikan Presiden Joko Widodo tidak akan menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-24 pada 12 Juni 2022 mendatang.

Hal ini diutarakan saat ditemui di sela-sela meninjau persiapan venue PB XIV di depan Monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, Bali, Jumat 10 Juni 2022.

Guru Besar ISI Denpasar ini juga mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi sendiri bakal diwakili oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Saat disinggung mengenai alasan ketidakhadiran Presiden Jokowi sendiri, Sugiarta mengaku bahwa Presiden Jokowi sendiri mendadak ada agenda kenegaraan yang tidak bisa ditinggalkannya.

"Karena kesibukan bapak presiden, dua minggu lalu diagendakan hadir tapi sekitar lima hari lalu ternyata agendanya padat sekali. Ada agenda lain yang sifatnya nasional, jadi didelegasikan ke Mendagri," katanya.

Menariknya, ketidakhadiran Jokowi ini sendiri dalam Pesta Kesenian Bali merupakan yang pertama kalinya sejak ia menjadi Presiden Indonesia.

Pasalnya, sejak masa reformasi, hampir seluruh Presiden Indonesia selalu menyempatkan diri hadir dalam PKB.

Sepanjang masa reformasi tercatat, ada 3 presiden yang pernah tidak hadir di pembukaan PKB yakni BJ. Habibie pada PKB tahun 1999, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di PKB tahun 2000 dan 2001, dan Megawati Soekarnoputeri pada PKB tahun 2004.

Sedangkan, Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY sendiri menjadi presiden yang selalu hadir di pembukaan PKB selama dua periode masa jabatannya.

Pun begitu, ia juga mengaku bahwa selain Mendagri, Menparekraf Sandiaga Uno juga dijadwalkan hadir untuk membuka PKB XIV ini.

 

Selain Mendagri, menurut Sugiarta, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno juga dijadwalkan hadir di pembukaan PKB yang rencananya digelar di Monumen Perjuangan Rakyat Bali (MPRB), Bajra Sandhi, Renon, Denpasar.

Berbeda dengan tahun sebelumnya di mana pawai dan lokasi pembukaan digelar di tempat terpisah, untuk tahun 2022 kedua agenda ini akan digelar di Bajra Sandhi.

Peserta Pawai sebanyak 25 grup dari Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kabupaten/Kota, Lembaga Pendidikan, Instansi Pusat dan Daerah, BUMN/BUMD, dan Komunitas/Yayasan seni.

Para peserta pawai ini sebagai partisipasi murni. Mereka memakai biayai sendiri.

"Konsepnya ini agak berbeda. Jadi pawai dan pembukaan di satu lokasi, sedangkan pada malam harinya di Taman Budaya undangan akan menikmati pementasan yang disuguhkan," ucap Arya.

Dia menambahkan tema PKB tahun 2022 adalah Danu Kerti: Huluning Amreta. Dimaknai sebagai pemuliaan sebagai sumber kehidupan. Pemilihan tema ini juga bertujuan untuk mengimplementasikan visi pembangunan Bali 2018-2023 yaitu Nangun Sad Kerti Loka Bali.

"Karya yang ditampilkan diarahkan berisi imbauan tentang semangat dan ajaran bagaimana memuliakan air, merawat sumber air serta bagaimana air memberikan kehidupan," ucap Arya. (sumber:Suara.com)

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami