search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Antrean Pemudik Padati Garasi Bus di Denpasar
Sabtu, 30 April 2022, 01:05 WITA Follow
image

https://beritabali.com/assets/posting/berita_223004080431_AntreanPemudikPadatiGarasiBusdiDenpasar.jpg

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Antusias pemudik nampak memadati di garasi bus Gunung Harta di di Jalan Cokroaminoto, Ubung, Denpasar Utara, Bali Sabtu (30/4/2022) dua hari jelang Hari Raya Idul Fitri.

Di depan ruangan kantor informasi terpantau penuh tumpukan kardus dan koper milik para pemudik menunggu giliran masuk bus sesuai tujuan.

Sementara kursi ruang tunggu penumpang tampak sudah tak ada sela untuk duduk, beberapa pemudik lain duduk di warung-warung dan emperan sekitar pool bus. Bahkan ada pula bangku-bangku plastik disediakan di trotoar pinggir jalan raya.

Calon penumpang anak-anak juga hadir di sana, mereka bersiap berangkat ke tempat tujuan menggunakan baju karakter Superhero Spiderman.

Sementara beberapa orang juga tampak melaksanakan rapid test Antigen di gerai yang disediakan pool bus.

Operator Ticketing PO. Gunung Harta, Ni Luh Putu Widyana mengungkapkan pemandangan keramaian pemudik seperti ini terakhir kali dilihat pada lebih dari dua tahun lalu sebelum masa pandemi COVID-19.

Saat pandemi COVId-19, dua kali lebaran pemerintah melarang mudik, setelah larangan itu dicabut, niat mudik seolah tak terbendung untuk memanfaatkan kesempatan pulang kampung ini.

"Perbandingannya sangat jauh saat menjelang lebaran di masa pandemi saat pemerintah melarang mudik, paling ada 4-5 bus saja setiap harinya itu pun tidak full penumpang, untuk mudik saat ini ada sekitar 23 bus yang dijalankan setiap hari tiap-tiap bus ada 30-34 penumpang, peningkatan jauh signifikan dengan izin mudik ini," ungkap Widya.

Widya menyebutkan, tujuan mudik didominasi pemudik dengan tujuan Jawa Tengah, seperti Jogja, Solo, Semarang. Namun tak sedikit pula pemudik dari Jawa Timur tujuan Surabaya, Malang dan Kediri.

Menurutnya, puncak pemudik terjadi pada tanggal (28-29/4/2022) namun keramaian pemudik masih diprediksi hingga Minggu (1/5/2022) esok."Untuk tujuan Jateng ada sekitar 15 bus setiap hari, tujuan Jatim 8 bus,

mulai ramai tanggal 27 April, ramainya dari tanggal 27 April, kalau puncaknya 28 dan 29 April, tapi hari ini dan besok diprediksi juga masih ramai," ungkapnya.

Naiknya harga tiket bus tujuan Jateng dari harga Rp 330 ribu menjadi Rp 520 ribu tak menghalangi niat para pemudik untuk bersilaturahmi di kampung halaman mereka. Harga tersebut berlaku saat arus mudik tanggal 26 April hingga 1 Mei 2022.

Sementara untuk tujuan Jawa Timur peningkatan harga tak begitu signifikan, hanya di harga Rp 380 ribu karena memang trayek yang lebih dekat dengan Bali. Setiap bus terdapat, sopir, sopir cadangan dan seorang kondektur.

Salah seorang pemudik asal Surabaya, Hari (52) mengatakan, karena saking penuhnya penumpang bus, dirinya yang sedianya ingin pulang Jumat (29/4/2022) kemarin terpaksa harus pulang pada Sabtu (30/4/2022) ini.

"Saya tujuan Surabaya, sebenarnya maunya pulang kemarin, tapi sudah tidak dapat tempat, jadinya hari ini baru ada kesempatan pulang," ucapnya. (sumber:

 

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami