search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ida Rsi Agung Kusuma Ananda Akan Layani Umat Hindu di Jakarta
Kamis, 14 Juli 2022, 17:59 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ida Rsi Agung Kusuma Ananda Akan Layani Umat Hindu di Jakarta.

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Bertepatan dengan Hari Purnama pada Rabu, 13 Juli 2022, Ida Bhawati Nengah Adriyana bersama istri Ida Bhawati Istri Ni Wayan Purnijati menjalani upacara Apod Gala. 

Prosesi ini berlangsung di Griya Kroya Asram Jalan Kecubung Denpasar. Upacara ini dipimpin tiga sulinggih nabe yang merupakan guru spiritual dari kedua ida bhawati yakni Ida Pandita Mpu Nabe Shiwa Ananda selaku Nabe Napak, Ida Pandita Mpu Nabe Yoga Ananda selaku Nabe Waktra, Ida Pandita Mpu Nabe Wija Karmaniasa selaku Nabe Saksi.

Prosesi ini juga dihadiri jajaran pengurus PHDI Provinsi Bali, Pinandita Sanggraha Nusantara Pusat, Pengurus Pasemetonan Arya Kanuruhuan dan keluarga ida bhawati. 

Baca juga:
Ketua DPRD Badung Dukung Legalitas PHDI Hasil Mahasabha XII

Ida Pandita Mpu Nabe Shiwa Ananda mengatakan kegiatan ini diawali dengan pelukatan, kemudian tahap seda raga dan penobatan gelar sulinggih.

Setelah menjalani prosesi, keduanya bergelar Ida Rsi Agung Kusuma Ananda dan Ida Rsi Agung Istri Kusuma Ananda. Mpu nabe berharap dengan hadirnya sulinggih baru dapat membantu umat dalam pelaksanaan upacara dan upakara baik di Bali maupun di luar Bali.

“Dumogi nanak ida presida nuntun umat dan meringankan beban umat. Semoga ke depan tidak mengurangi sastra, dresta dan kala agar berjalan sinkron. Lebih jauh lagi bisa menuntun umat menuju kedamaian, mulai dari lingkungan rumah tangga,” ujar Ida Mpu. 

Sementara Ida Rsi Agung Kusuma Ananda menerangkan nantinya akan tinggal dan melayani umat di Jakarta. Dengan adanya griya di Jakarta, dia berharap dapat mengayomi umat dalam hal upacara maupun pendidikan agama. Salah satunya dia ingin membangun agar umat tak segan untuk datang ke griya. 

“Bukan saja saat ada upacara, tapi konsultasi hal lain juga bisa. Bagaiamana agar umat tidak takut ke griya,” ungkapnya.

Di Jakarta sendiri, menurutnya umat membutuhkan pencerahan tentang agama, karena aktivitas lebih banyak bekerja. Sehingga edukasi yang konsisten tentang agama. 

Profil Ida Rsi Agung Kusuma Ananda 

Sekilas tentang Ida Rsi Agung Kusuma Ananda, ia telah menetap di Jakarta dan sempat bekerja di Bursa Saham.

 

Sejak tahun 2015 dia telah mewinten Jero Mangku dan mengabdikan diri kepada umat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Kemudian sejak tahun 2017 ia telah memulai untuk belajar tentang agama Hindu lebih dalam ke Bali.

Ketua PHDI Nyoman Kenak turut mengapresiasi tujuan mulia umat yang hendak menyucikan diri. Baginya sulinggih diharapkan tidak sekadar memimpin upacara-upacara, namun juga terus belajar dan mengedukasi umat. 

Hal itu sejalan dengan sifat seorang brahmana yang selalu memberikan pencerahan, utamanya ilmu pengetahuan tentang agama. Terkait kegiatan Apod Gala, dia menerangkan bahwa segala proses administrasi harus dilengkapi dengan baik. 

 

Seperti yang dijalani Ida Rsi Agung Kusuma Ananda yang telah menjalani tahapan-tahapan, sehingga dinyatakan mampu mengemban gelar sulinggih. 

“PHDI sangat ketat dalam hal pemenuhan persyaratan menjadi seorang sulinggih, kami tidak ingin ada sulinggih yang dikatakan abal-abal,” tegasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami