search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Covid-19 di Bali Tembus Ribuan, Ini Kata Wagub Cok Ace
Minggu, 6 Februari 2022, 10:20 WITA Follow
image

Beritadenpasar.com

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengajak masyarakat untuk mewaspadai penularan Covid-19, utamanya varian Omicron.

Dia menyebut saat ini penyebaran Covid di Bali tergolong tinggi. Maka menurutnya sangat penting masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu ia katakan saat meninjau aksi donor darah di mushola Al Falah, Denpasar barat pada minggu 6 Februari 2022. 

"Sebagaimana disampaikan Bapak Presiden, Bapak Menteri (Kesehatan), Omicron itu memang penyebarannya sangat cepat sekali. Namun risiko kematiannya, tidak seganas Delta, tidak seganas Covid 19 sebelumnya," ujarnya.

Kata dia, jumlah masyarakat Bali yang terpapar Covid 19 terus meningkat setiap harinya. Penularannya relatif lebih cepat dibanding saat fenomena kemunculan varian Delta. 

Berdasarkan data Satgas Covid 19 Provinsi Bali pada Minggu (6/2/2022), jumlah masyarakat Bali yang positif Covid 19 bertambah sebanyak 1.918. 

Sementara jumlah pasien Covid 19 yang sembuh bertambah 196, dan jumlah yang meninggal kembali meningkat dibanding kemarin, yaitu 7 orang. 

Ditanya soal penyebaran Omicron di Bali, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan telah di atas 2.000 per hari. 

Sebelum menyentuh angka tersebut, tambahan pasien Covid-19 paling tinggi hanya 1.900. Maka dia menilai jumlah 2.000 tergolong sangat tinggi.

Sejalan dengan upaya pencegahan penularan Covid 19, dia mengajak masyarakat yang mengalami gejala identik dengan Covid 19 agar memeriksakan diri ke layanan kesehatan. 

Dengan mengetahui sejak dini potensi penularan Covid 19, maka kesembuhan bagi masyarakat yang terpapar akan lebih cepat. Sejumlah pengamat menilai kondisi ini diduga lantaran varian Omicron telah menular di Bali. 

Namun hingga saat ini pemerintah belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait varian yang menyebar saat ini.  

Melihat karakteristik penularan covid 19 melalui transmisi lokal belakangan, PLT Kadis Kesehatan Provinsi Bali Made Rentin meyakini Omicron telah menular di Bali. Hal itu diungkapkan dalam sebuah sesi wawancara belum lama ini di kantornya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami