search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mei 2022, Kinerja Penjualan Ritel di Bali Meningkat
Sabtu, 11 Juni 2022, 11:55 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Kinerja penjualan ritel Bali pada Mei 2022 diprakirakan meningkat secara bulanan. 

Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Bali yang tercatat sebesar 92,95, atau secara bulanan tumbuh 1,47% (mtm). Pertumbuhan bulan Mei 2022 tersebut lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 0,32% (mtm). 

Peningkatan ini sejalan dengan meningkatnya aktivitas pariwisata di Bali. Selama bulan Mei 2022, rata-rata harian jumlah wisatawan domestik dan asing meningkat masing-masing sebesar 49% (mtm) dan 85% (mtm). 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Trisno Nugroho menyampaikan, bahwa kenaikan jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Bali terutama disebabkan libur panjang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri dan kebijakan pelonggaran mobilitas masyarakat. 

Sementara itu, kenaikan jumlah kunjungan wisatawan asing disebabkan pembukaan direct flights dari luar negeri dan kebijakan pelonggaran PPLN (Pelaku Perjalanan Luar Negeri).

"Prakiraan kenaikan kinerja penjualan ritel di Bali bulan Mei 2022 sebesar 1,47% (mtm) lebih tinggi dibandingkan angka nasional yang mencapai 0,19% (mtm)", cetusnya.

Dirinya menambahkan, kenaikan tersebut bersumber dari penjualan kelompok barang Makanan, Minuman, dan Tembakau serta Peralatan Informasi dan Komunikasi yang masing-masing sebesar 4,0% (mtm) dan 3,8% (mtm), sedangkan kelompok Suku Cadang dan Aksesoris mengalami kontraksi sebesar 4,3% (mtm).

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami