search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemudik di Gilimanuk Diprediksi Capai 17 Ribu Orang
Jumat, 22 April 2022, 17:05 WITA Follow
image

https://beritabali.com/assets/posting/berita_222204010448_PemudikdiGilimanukDiprediksiCapai17RibuOrang.jpg

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Jumlah mobilitas pemudik di Pelabuhan Gilimanuk diprediksi mencapai angka di atas 17 ribu orang atau sekitar 4.000 saat puncak arus mudik mendekati Hari Raya Lebaran.

Hal ini disampaikan Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dalam apel gelar pasukan Operasi Ketupat Agung 2022 di Lapangan Renon, Denpasar, Bali, pada Jumat (22/4/2022).

Sedangkan di Padang Bai, yang kepadatannya memang lebih rendah dari Gilimanuk - Ketapang, jumlah orang diprediksi sekitar 4.000 dan kendaraan sekitar 600 unit.

Pergerakan di pelabuhan bakal jauh lebih meningkat setelah pemerintah mencabut larangan mudik pasca dua tahun pandemi COVID-19.

Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan aparat keamanan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksanakan mudik lebaran.

Guna mengurai kepadatan arus mudik dan balik Lebaran 2022, Polda Bali membuka kantong-kantong parkir baru di sekitar kawasan Pelabuhan, baik Gilimanuk, Jembrana, Bali maupun Padang Bai.

Pada Pelabuhan Gilimanuk telah disiapkan 5 kantong parkir dan Padang Bai berjumlah 3 kantong parkir.

"Hal khusus kami antisipasi lonjakan kegiatan mudik di Pelabuhan Gilimanuk dan Padang Bai kita siapkan kantong parkir Gilimanuk 5 kantong parkir sebelum dermaga dan di dermaga, sedangkan di Padang Bai ada 3 kantong parkir sebelum masuk Padang Bai agar tidak terjadi penumpukan, seperti di Ye Malet, Goa Lawa dan sekitar lokasi Padang Bai," paparnya.

Di kawasan sekitar pelabuhan tersebut tidak hanya kesiapan kantong parkir, namun juga diatur zona-zona kendaraan, seperti kendaraan berar, kendaraan kecil, hingga pejalan kaki.

"Arus kendaraan dibagi tiap zona diatur sedemikian rupa sehingga diharapkan arus mudik yang melewati pelabuhan bisa lancar, pada prinsipnya kami sudah siap m

elaksanakan pengamanan," tuturnya.

Dalam persiapan pengaman arus mudik kali ini, total ada 5.100 personel dari unsur gabungan terdiri TNI Polri, pemerintahan, Basarnas hingga Pecalang dilibatkan untuk kelancaran kegiatan yang menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat lebaran itu.

Kapolda Bali juga telah melakukan rapat lintas sektoral, berdasarkan data yang diperoleh dari ASDP di Gilimanuk mengoperasikan sebanyak 48 kapal dengan trip berjumlah 200 kali lebih, sementara itu di Padang Bai 21 kapal.

"Kurang lebih Gilimanuk ada 48 kapal beroperasi dan kemungkinan ada 200 lebih kali trip dan 21 kapal di Padang Bai yang melayani perjalanan 13 trip," tuturnya.

Di samping itu, di lokasi - lokasi kantong parkir tersebut, juga disiapkan gerai-gerai vaksin bagi masyarakat yang membutuhkan layanan vaksinasi.

"Kita laksanakan pengecekan apabila yang bersangkutan belum vaksin maka di kantong parkir disiapkan vaksin booster dan kedua," ujarnya.

Untuk mengurai kemacetan di tempat-tempat wisata si Bali, Polda Bali juga membuka sebanyak 21 pos pengamanan tersebar di seluruh Kabupaten/Kota dan 5 pos pelayanan untuk melayani masyarakat. (sumber: suara.com)

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami