search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Program Pengungkapan Sukarela di Bali Sentuh 907 Wajib Pajak
Sabtu, 4 Juni 2022, 18:40 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Hingga per tanggal 3 Juni 2022, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali (Kanwil DJP Bali) telah mencatat 907 wajib beritabali.com/index.php/tag/beritabali.com/tag/pajak">pajak">beritabali.com/tag/pajak">pajak (WP) yang memanfaatkan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) meningkat sebanyak 173 WP dibandingkan sebelum diadakannya roadshow.

Hal ini disampaikan Anggrah Warsono selaku Kepala Kanwil DJP Bali dalam keterangan pers, Jumat, 3 Juni 2022 di Denpasar. 

Jumlah Pajak Penghasilan (beritabali.com/tag/PPh">PPh) yang dibayarkan pun meningkat drastis sebesar Rp27,19 miliar yaitu menjadi Rp81,97 miliar. Dari jumlah tersebut terdapat 187 WP yang memanfaatkan kebijakan I dengan beritabali.com/tag/PPh">PPh yang dibayarkan sebesar Rp26,03miliar dan 813 WP yang memanfaatkan kebijakan II dengan beritabali.com/tag/PPh">PPh yang dibayarkan sebesar Rp55,94miliar. 

Dari harta bersih yang diungkapkan oleh WP yang mengikuti PPS sebesar Rp728,02 miliar, terdapat 5 jenis harta bersih yang paling banyak diungkapkan WP. 

Pertama yaitu uang tunai dengan nilai harta bersih sebesar Rp313,09 miliar atau meningkat sebesar Rp88,69 miliar dibandingkan sebelum roadshow dan beritabali.com/tag/PPh">PPh yang dibayarkan sebesar Rp29,95 miliar. 

Yang kedua adalah tabungan dengan nilai harta bersih sebesar Rp114,94 miliaratau meningkat sebesar Rp47,54 miliar dibandingkan sebelum roadshow dan beritabali.com/tag/PPh">PPh yang dibayarkan sebesar Rp15 miliar. 

Ketiga tanah dan/atau bangunan untuk tempat tinggal dengan beritabali.com/read/2022/05/20/202205200048/734-wajib-beritabali.com/tag/pajak">pajak-di-bali-gunakan-program-pengungkapan-sukarela">nilai harta bersih sebesar Rp 62,9 miliar atau meningkat sebesar Rp6,7 miliar dibandingkan sebelum roadshow dan beritabali.com/tag/PPh">PPh yang dibayarkan sebesar Rp7,6 miliar. 

Yang keempat deposito dengan nilai harta bersih sebesar Rp56,15 miliar atau meningkat sebesar Rp3,65 miliar dan beritabali.com/index.php/tag/beritabali.com/tag/PPh">PPh">beritabali.com/tag/PPh">PPh yang dibayarkan sebesar Rp7,2miliar. Yang kelima reksadana dengan nilai harta bersih sebesar Rp36,85 miliar dan beritabali.com/tag/PPh">PPh yang dibayarkan sebesar Rp5 miliar.

“Berdasarkan data yang ada, dapat disimpulkan antusias masyarakat sangat besar, dilihat dari jumlah yang hadir mengikuti sosialisasi tersebut. Keinginan dan kesadaran masyarakat dalam mengungkapkan dan melaporkan hartanya dengan mengikuti PPS ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah WP yang mengikuti PPS dan jumlah beritabali.com/tag/PPh">PPh yang dibayarkan dalam kurun waktu 1 bulan ini,” ujar Anggrah.

”DJP memanfaatkan akses data yang dimiliki atas informasi keuangan wajib beritabali.com/tag/pajak">pajak, termasuk data rekening bank dan informasi terkait kepemilikan aset. Dari informasi yang kami dapatkan, data aset yang dimiliki WP kami jadikan dasar untuk mengingatkan WP dan masyarakat agar segera memanfaatkan program ini,” tambah Anggrah.

Ia mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat segera memanfaatkan PPS ini yang kurang dari 1 bulan yaitu sebelum 30 Juni 2022. Apabila PPS ini berakhir dan masih ada data berupa harta yang belum dilaporkan oleh WP maka Direktorat Jenderal Pajak akan menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Program roadshow sosialisasi tentang Program Pengungkapan Sukarela (PPS) sesuai Undang-undang Harmonisasi Peraturan Perberitabali.com/tag/pajak">pajakan (UU HPP) Nomor 7 Tahun 2021 kepada wajib beritabali.com/tag/pajak">pajak potensial Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gianyar pada tanggal 31 Mei 2022 di Plataran Ubud, Bali. 

Program yang diberlakukan mulai tanggal 1 Januari - 30 Juni 2022 ini memberikan kesempatan bagi beritabali.com/read/2019/07/31/202206100039/nik-jadi-npwp-berlaku-2023-djp-wajib-beritabali.com/tag/pajak">pajak-tak-repot-lagi?page=2">beritabali.com/tag/Wajib-Pajak">Wajib Pajak (WP) untuk mengungkapkan harta bersih yang belum atau kurang diungkapkan dalam surat pernyataan yang dianggap sebagai tambahan penghasilan dan dikenai Pajak Penghasilan yang bersifat final.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami