search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Seorang Bayi 3 Bulan di Bali Positif Covid-19
Sabtu, 5 Februari 2022, 13:15 WITA Follow
image

Beritadenpasar.com

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Seorang bayi berusia tiga bulan di Bali positif Covid 19. Sejak 10 hari terakhir bayi malang itu dirawat di Rumah Sakit Universitas Udayana. Bayi tersebut mengalami keluhan sesak nafas.

Direktur Utama RS Unud, Prof. Dr. dr. Dewa Made Sukrama mengatakan bahwa bayi tersebut mengalami pneumonia atau infeksi paru-paru.

"Ini adalah kasus pertama selama pandemi, saat penyebaran varian delta sebelumnya tidak ada ada pasien bayi," ujarnya saat diwawancarai pada Jumat 4 Februari 2022 sore.

Kata dia, bayi ini ditempatkan di ruangan khusus yang memiliki ventilator dan perlengkapan penting lainnya. Terhadap temuan ini dia menilai rumah sakit rujukan Covid-19 wajib menyediakan fasilitas dan ruang perawatan khusus untuk bayi. Sebab dia menduga akan semakin banyak bayi dan anak-anak di bawah 6 tahun yang terpapar Covid-19.

"Itu karena yang baru dipaksain kan baru anak-anak di atas 6 tahun, sedangkan yang 6 tahun ke bawah belum divaksin, itu yang kita takutkan," ujarnya. 

Dia menambahkan mengatakan bahwa saat ini bayi tersebut dalam perawatan karena masih mengalami pneumonia atau infeksi paru-paru dengan gejala sesak nafas. Selama menjalani perawatan, bayi tersebut didampingi oleh dokter anak. 

Selain bayi dan anak-anak, dia berpesan agar ibu hamil mewaspadai penularan Covid 19 meski telah menjalani vaksinasi. Tentang gejala anak-anak atau bayi yang terpapar Covid 19, menurutnya gejala seperti Covid 19 pada umumnya. 

Seperti panas tinggi, pusing, pilek. Panas terhadap anak sendiri bisa terjadi lebih dari 5 sampai 6 hari. 

"Kondisi ini harus butuh kewaspadaan yang tinggi, dan penerapan proses yang disiplin dan ketat," ucapnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami