search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Unud Bangun Central Park Senilai Rp8 Miliar
Sabtu, 5 Februari 2022, 13:45 WITA Follow
image

Beritadenpasar.com

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Menuju world class university, Universitas Udayana (Unud) meresmikan Central Park di Kampus Unud Jalan PB. Sudirman, Denpasar, Jumat (4/2).

Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, IPU Central Park merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang dibangun oleh Unud di atas lahan seluas 3.886 m’ dengan menelan anggaran Rp8 miliar.

 Ada beragam fungsi dari Central Park tersebut, diantaranya fungsi ekologi, fungsi planologi fungsi estetis, fungsi edukasi dan fungsi ekonomis. Secara ekologi, Central Park dapat dikatakan sebagai ‘paru-paru’ kampus. 

"Beragam tanaman yang ada sejatinya tidak hanya mampu memberikan keteduhan, melainkan juga berfungsi menyerap kadar karbondioksida (CO2), menambah oksigen, menurunkan suhu, menjadi area resapan air, dan sekaligus dapat meredam kebisingan," ujarnya.

Adapun secara planologi, Central Park berfungsi sebagai pembatas bangunan antar gedung di area kampus. Dengan demikian, civitas akademika tidak lagi memandang bahwa kampus hanya merupakan deretan gedung yang terdiri atas ruang untuk belajar saja, melainkan tetap ada ruang berekreasi, menghirup udara segar, dan berinteraksi setelah menghabiskan banyak waktu di dalam ruang kelas, ruang kerja atau laboratorium yang tertutup. 

"Secara estetik kehadiran Central Park tentunya menambah keindahan dan diharapkan dapat memenuhi fungsi edukasi dalam hal ini menumbuhkan rasa mencintai lingkungan dan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan," cetusnya. 

Central Park Unud telah dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung, diantaranya area parkir sangat luas, daya listrik sebesar 32000 kva, suasana akademik modem, sistem keamanan yang baik, dan lokasi sangat strategis di pusat kota.

Dengan demikian secara ekonomis Central Park dapat menjadi salah satu pilihan menarik untuk pelaksanaan outdoor event, seperti gathering, syukuran, perpisahan, pameran, pertunjukan seni dan bahkan resepsi pernikahan. untuk pelaksanaan berbagai event. 

Melalui fasilitas yang tersedia, dan didukung dengan sinergi dengan wirausaha muda Unud dan berbagai unit kegiatan mahasiswa maka Unud mengundang semua pihak untuk dapat menjadikan Central Park sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan gathering atau outing, dan berbagai kegiatan lainnya.

"Diharapkan Central Park dapat diterima tidak hanya bagi sivitas akademika Unud tetapi juga bagi masyarakat umum," pungkasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami