search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
6.000 Peserta Akan Hadiri Puncak Hari Koperasi di Bali
Kamis, 21 April 2022, 16:20 WITA Follow
image

https://beritabali.com/assets/posting/berita_222104050437_6000PesertaAkanHadiriPuncakHariKoperasidiBali.jpg

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Sekjen Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sarjono Amsan mengatakan 6.000 peserta yang berencana menghadiri Puncak Acara Hari Koperasi ke-75 di Bali yang direncanakan pada 14-17 Juli 2022 mendatang.

Antusias peserta itu, menurut Sarjono, karena lokasi Bali yang bisa dijangkau dengan menggunakan bus dari pulau Jawa dan beberapa Daerah di Sumatera. 

"Kami perkirakan ada sekitar 150 bus yang akan masuk Bali menjelang acara puncak," ujar Sarjono saat jumpa pers di Sanur, Denpasar (21/4/2022) sembari menambahkan kegiatan ini akan dibuka Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Jadi, masing-masing Dekopin Daerah Kabupaten/Kota kalau satu bus saja dari seluruh provinsi di Jawa, ditambah dua provinsi Lampung dan Sumsel sudah mencapai 150 Kabupaten/Kota. Belum lagi sejumlah koperasi dari seluruh Indonesia yang akan mengikuti "Wisata Hari Koperasi ke-75" ini," ujar Sarjono.

Ia menjelaskan Bali dipertimbangkan sebagai lokasi puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) karena selain sebagai bentuk kepedulian untuk membantu pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi, juga antusiasme para peserta untuk berwisata. 

"Pesona Bali dan kejenuhan masyarakat yang segera ingin berlibur setelah "istrahat" karena pendemi covid membuat Hari Koperasi ke-75 ini menarik minat masyarakat, khususnya gerakan koperasi sangat antusias untuk hadir," ungkapnya. 

Terlebih, kata dia, ditambah dengan paket wisata yang ditawarkan oleh Koperasi Wisata di Bali cukup murah dan terjangkau untuk gerakan koperasi.

Dukungan Gubernur Bali

Sementara, penyelenggaraan Puncak Hari Koperasi ini didukung maksimal oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster. Dalam audensi Panitia Hari Koperasi dengan  Gubernur Bali, Wayan Koster menyatakan akan mendukung penuh kegiatan ini. 

"Gubernur Bali telah mengeluarkan rekomendasi dukungan sepenuhnya atas pelaksanaan Acara Puncak Hari Koperasi ke-75," ujar I Wayan Ekadina, Kadis Koperasi UMKM Provinsi Bali.

Dayan IP Raranta selaku Ketua Panitia Harkopnas ke-75 membeberkan rangkaian acara puncak Hari Koperasi di Bali, antara lain kegiatan Puncak yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI yang dipusatkan di Prime Hotel Plaza, Sanur, Denpasar Bali. 

Selain itu, akan diselenggarakan Expo Koperasi dan UMKM yang akan menyertakan UMKM dari seluruh Indonesia

"Expo ini akan dijadikan ajang kurasi produk koperasi dan UMKM yang nanti akan ditampilkan pada rangkaian acara G-20 nanti," ujar Dayan.

Puncak acara juga akan dimeriahkan dengan kompetisi esports yang mulai dari semi final akan dilaksanakan di Prime Plaza Hotel. 

"Kompetisi ini akan mencari minat anak-anak muda untuk meramaikan acara ini. Karena kompetisi ini juga memperebutkan hadiah," tambah Dayan.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, akan dilaksanakan pencanangan penanaman sejuta mangrove yang akan menghadirkan Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Ketua Umum Dekopin. 

Kebetulan ketiganya adalah tokoh perempuan sehingga akan menonjolkan aspek peran perempuan dalam pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Jadi aspek partisipasi perempuan dan lingkungan yang sejalan dengan tema G-20 nanti.

Jadi, perayaan Puncak Hari Koperasi ke-75 ini merupakan bagian dari peran gerakan koperasi untuk mensukseskan G-20. 

"Termasuk menggelar seminar dengan tema-tema seperti Kedaulatan Pangan, Energi Terbarukan dan Partisipasi Kelompok Perempuan dalam issue-issue besar itu," pungkas Sarjono Amsan.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami