search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
DPRD Bali Diminta Sikapi Serius Soal Dualisme PHDI
Selasa, 28 Juni 2022, 15:00 WITA Follow
image

DPRD Bali Diminta Sikapi Serius Soal Dualisme PHDI

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Mengingat bahwa beritabali.com/index.php/tag/DPRD-Bali">beritabali.com/tag/DPRD-Bali">DPRD Bali adalah wakil rakyat Bali, termasuk di dalamnya juga mewakili umat Hindu di Bali, 

beritabali.com/tag/DPRD-Bali">DPRD Bali diharapkan menyikapi dinamika yang berkembang di Pulau Dewata dengan pernyataan yang menyejukkan, terkait adanya PHDI MLB/Pemurnian dan PHDI hasil beritabali.com/tag/Mahasabha-XII">Mahasabha XII yang legal.

Belakangan suasana menghangat karena ada pihak-pihak yang dilaporkan ke polisi, yang mestinya disikapi secara profesional. 
Suasana akan lebih adem bila ada pernyataan beritabali.com/tag/DPRD-Bali">DPRD Bali yang memberikan kesejukan. Apalagi kalau beritabali.com/tag/DPRD-Bali">DPRD Bali bisa hadir di tengah umat Hindu di Bali yang sekarang ini sedang mengalami dinamika, akibat polemik antara pihak yang berbeda pandangan dan melakukan resistensi terhadap sampradaya Hare Krishna/ISKCON. 

Hal itu disampaikan oleh pengurus beritabali.com/tag/PHDI-Bali">PHDI Bali, yang diterima langsung Ketua beritabali.com/tag/DPRD-Bali">DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama, Senin (27/6). 
Pengurus beritabali.com/tag/PHDI-Bali">PHDI Bali yang hadir adalah  I Nyoman Kenak, SH (Ketua), Ir. Putu Wirata Dwikora,SH (Sekretaris), Made Kariyasa, SH, MH (Wakil Sekretaris), Putu Wira Dana (Wakil Ketua), Ketut Warta Yasa, S.Ag, MAg (Paruman Walaka), menyatakan hal itu di ruang kerjanya. 

Ketua beritabali.com/tag/DPRD-Bali">DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama menegaskan, sudah memantau perkembangan situasi menyangkut polemik keberadaan PHDI MLB dan PHDI hasil beritabali.com/read/2019/07/31/202203220025/pesan-erick-thohir-dari-mahasabha-xii-peradah-indonesia?page=2">beritabali.com/tag/Mahasabha-XII">Mahasabha XII. 

Dan sangat mengapresiasi kinerja PHDI yang dipimpin Nyoman Kenak, SH, apalagi sudah pernah bertemu di beberapa kegiatan pelayanan umat di masyarakat. 

Menanggapi permintaan beritabali.com/index.php/tag/PHDI-Bali">beritabali.com/tag/PHDI-Bali">PHDI Bali agar beritabali.com/tag/DPRD-Bali">DPRD Bali memberikan atensi dan pernyataan terhadap dinamika di tengah umat Hindu di Bali belakangan ini, Adi Wiryatama menyatakan, sangat berkomitmen dan memberikan atensi serius, agar suasananya tetap kondusif. 

Namun, untuk pernyataan sikap dewan, Adi Wiryatama menegaskan menunggu momen yang tepat, agar dampaknya benar-benar bisa menyejukkan dan menurunkan suasana yang hangat diantara pihak yang berbeda pendapat.

Untuk diketahui, polemik resistensi terhadap Hare Krishna/ISKCON yang sudah dicabut pengayomannya oleh PHDI Pusat, juga sudah dibatasi pengembanannya dengan SKB-PHDI-MDA 16 Desember 2022, rupanya masih hangat, walaupun AD/ART PHDI beritabali.com/tag/Mahasabha-XII">Mahasabha XII tidak mencantumkan pengayoman terhadap sampradaya. 

Pihak yang dulunya menuntut pencabutan pengayoman sampradaya dan ISKCON, tetap membentuk yang disebutnya PHDI MLB/Pemurnian, serta menarasikan bahwa beritabali.com/read/2022/03/15/202203150051/phdi-ntb-pertegas-sk-versi-mahasabha-bali-tidak-sah?page=all">PHDI beritabali.com/tag/Mahasabha-XII">Mahasabha XII terpapar sampradaya, dan juga dinarasikan mengancam eksistensi desa adat, dresta Bali, eksistensi Pura, bahkan dituduh tidak sesuai Pancasila. 

Tuduhan-tuduhan itu dinilai tidak masuk akal, karena nyatanya bila benar seperti yang dituduhkan, PHDI Hasil beritabali.com/tag/Mahasabha-XII">Mahasabha XII mestinya sudah dibubarkan negara, seperti organisasi radikal lain yang sudah dibubarkan negara.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami