search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Inagurasi Forum Anak Kecamatan Dentim, Menciptakan Kecamatan Layak Anak
Senin, 12 Agustus 2024, 13:31 WITA Follow
image

beritabali/ist/Inagurasi Forum Anak Kecamatan Dentim, Menciptakan Kecamatan Layak Anak.

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR TIMUR.

Forum Anak Daerah Kecamatan Denpasar Timur melaksanakan kegiatan “Inagurasi Forum Anak se-Kecamatan Denpasar Timur” yang diselenggarakan oleh Forum Anak Kecamatan Denpasar Timur bekerja sama dengan Bunda Literasi Kecamatan Denpasar Timur. 

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Forum Anak Kecamatan Denpasar Timur dan menjadi langkah awal setelah suksesnya kegiatan "Road to Desa" di wilayah tersebut.

 

Kolaborasi ini mencerminkan komitmen kuat dari berbagai pihak untuk mendukung hak-hak anak serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan anak-anak di Kecamatan Denpasar Timur. “ Antila” Ketua Forum anak Kecamatan Denpasar Timur.

Di Kecamatan Denpasar Timur, terdapat 11 desa/kelurahan yang telah berhasil membentuk Organisasi Forum Anak, yaitu Kelurahan Dangin Puri, Penatih, Sumerta, Kesiman, serta Desa Sumerta Kaja, Sumerta Kelod, Penatih Dangin Puri, Dangin Puri Kelod, Sumerta Kauh, Kesiman Petilan, dan Kesiman Kertalangu.

 

Pembentukan Forum Anak di masing-masing Desa/Kelurahan bertujuan untuk menjadikan Denpasar Timur sebagai Kecamatan Layak Anak. Kegiatan inagurasi dihadiri oleh Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Camat Denpasar Timur Ketut Sri Karyawati, Dinas P3AP2KB Kota Denpasar, Sekretaris kecamatan Denpasar Timur, Lurah/Perbekel se-Kecamatan Denpasar Timur, Bunda Literasi se-Kecamatan Denpasar Timur, serta perwakilan dan delegasi dari pengurus inti Forum Anak se-Kecamatan Denpasar Timur. 

Acara ini diisi dengan penandatanganan Piagam Deklarasi Pemenuhan Hak dan Kewajiban Anak serta Pembentukan Forum Anak Kelurahan dan Desa Kecamatan Denpasar Timur.

 

Pihak-pihak yang bertandatangan berkomitmen untuk melaksanakan dan melindungi pemenuhan hak dan kewajiban anak di wilayah desa dan kelurahan di Kecamatan Denpasar Timur, serta membentuk Forum Anak sebagai landasan pemenuhan hak dan kewajiban anak di wilayah desa dan kelurahan tersebut.

Camat Denpasar Timur Ketut Sri Karyawati menyatakan bahwa acara inaugurasi Forum Anak di Kecamatan Denpasar Timur adalah sebuah langkah penting yang mendapat dukungan penuh dari Kecamatan dalam upaya mewujudkan Denpasar sebagai kota yang layak anak.

 

Dia juga menyampaikan rasa senangnya terhadap acara ini, yang membuktikan komitmen Kecamatan Denpasar Timur dalam mendukung hak-hak anak dan mencegah kekerasan terhadap anak di Kota Denpasar.

 

Pihaknya juga menekankan pentingnya peran anak sebagai pelopor dan pelapor dalam upaya pencegahan kekerasan, serta peran penting pemerintah desa/lurah dalam mendukung kegiatan Forum Anak.

 

Dengan adanya komitmen dari berbagai pihak, diharapkan hak-hak anak dapat terpenuhi, kasus-kasus kekerasan dapat diminimalisir, dan generasi emas Indonesia pada tahun 2045 dapat terwujud, khususnya di Kecamatan Denpasar Timur.

Ketua Harian Bunda Literasi Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Forum Anak Daerah.

 

Ucapan terima kasih beliau kepada Bunda Literasi Kecamatan Denpasar Timur menunjukkan apresiasi atas upaya mereka dalam membentuk Forum Anak Daerah di tingkat desa hingga kelurahan.

 

Dukungan ini tentu sangat penting dalam mengoptimalkan peran Forum Anak.
 
Setelah penandatanganan Deklarasi, kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow mengenai Peran Literasi dalam Mencegah Kekerasan terhadap Anak, dengan narasumber dari Komisioner KPAD (Komisi Perlindungan Anak Daerah) Provinsi Bali, Lilik Ismurtono Santoso, Psikolog UPTD PPA Kota Denpasar, Arindri Dangkua, dan Konselor Hukum UPTD PPA Kota Denpasar yang dimoderatori oleh Bunda Literasi Kecamatan Denpasar Timur Ida Ayu Karang Sujani.

 

Kegiatan inagurasi ditutup dengan persembahan hiburan operet dari Teater Nirwana.

 

Dengan berlangsungnya kegiatan inagurasi ini, diharapkan Forum Anak dapat menjadi wadah serta sebagai contoh bagi seluruh anak untuk bersama meningkatkan partisipasi dan menggapai mimpi bersama, layaknya menanam sebuah pohon yang akan tumbuh tinggi untuk meraih cita-cita bangsa melalui literasi dan kolaborasi.

Editor: Robby Patria

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami