search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sidak di Denpasar Pastikan Peruntukan Gas LPG 3 Kg Tepat Sasaran
Sabtu, 26 Oktober 2024, 16:22 WITA Follow
image

Sidak di Denpasar Pastikan Peruntukan Gas LPG 3 Kg Tepat Sasaran

IKUTI BERITADENPASAR.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITADENPASAR.COM, DENPASAR.

Dalam rangka memastikan penggunaan dan peruntukan gas LPG 3 kg tepat sasaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali bekerja sama dengan Pertamina, 

Hiswana Migas, Satpol PP, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi, serta Biro Hukum Setda Provinsi Bali melakukan inspeksi mendadak di sejumlah lokasi.

Pengawasan kali ini dilaksanakan di enam lokasi. 

Untuk memastikan teknis pengisian tabung gas LPG yang sesuai standar, Tim Pengawasan Terpadu melaksanakan inspeksi mendadak di PT Sadikun LPG 3 Kg dan PT Sari Dharma Mandiri.

Pengawasan dilakukan dengan metode uji petik melalui pengambilan sampel tabung LPG 3 kg dan 12 kg di Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) PT Sadikun LPG 3 Kg. 

Berdasarkan sampel yang diambil, pengisian gas dilakukan sesuai SOP yang berlaku dan beratnya sesuai ketentuan.

Selain itu, pengawasan juga dilakukan di agen, pangkalan, serta restoran yang menjual dan menggunakan gas LPG.

Ketua Tim Pengawasan Terpadu, Pengawas Perdagangan Disperindag Bali, I Wayan Pasek Putra, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan terpadu untuk memastikan gas LPG 3 kg telah tersalurkan tepat sasaran bagi masyarakat yang berhak. 

Dari dua lokasi pengisian gas LPG, ditemukan beberapa tabung gas yang masuk kategori kadaluarsa namun masih digunakan. 

Pihaknya meminta manajemen pengisian gas LPG tersebut untuk lebih teliti agar tidak terjadi risiko yang dapat membahayakan masyarakat.

Pengawasan ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat yang merasa tidak puas karena LPG 3 kg yang mereka terima tidak sesuai standar dan cepat habis. 

Pengawasan yang dilaksanakan untuk ke-7 kalinya setelah di 6 kabupaten lainnya ini memfokuskan pada penimbangan kesesuaian isi, yang kerap kali masih ditemukan tidak sesuai. 

Selain itu, dilakukan pengecekan terhadap kelengkapan seal atau karet pada tabung LPG, karena ada yang tidak berisi karet atau tidak sesuai standar penutup.

Tabung yang sudah karatan atau tidak layak juga mendapat perhatian khusus untuk memastikan tetap memenuhi standar kualitas demi keselamatan konsumen.

Peran pemerintah daerah sangat penting dalam mengedukasi konsumen dan pelaku usaha agar menggunakan LPG sesuai peruntukannya.

Sales Branch Manager V Bali Pertamina, M. Affriyana Al Hilmy, mengapresiasi akurasi timbangan yang masih tepat, namun menekankan pentingnya pengecekan pemasangan karet seal dan segel yang kuat untuk menghindari pembongkaran dan pengoplosan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Editor: Aka Kresia

Reporter: bbn/rls



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritadenpasar.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Denpasar.
Ikuti kami